Wawasan Umum

Apa Saja Jenis Material Dasar Bahan Pembuatan Masker Pelindung Pernafasan

pembuatan masker dengan bahan terbaik

Bahan Pembuatan Masker sangat beragam dan masing-masing memiliki karakteristik yang unik. Hal ini yang membuat kualitas dan harga setiap jenis masker juga akan berbeda. Maka, sebelum menentukan jenis masker yang akan digunakan untuk melindungi pernafasan Anda, maka kenali dulu berbagai macam bahan dasar pembuatan masker. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kain buff

jenis bahan masker

Buff adalah jenis kain yang sering dirancang sebagai pelindung wajah atau masker. Penggunaannya bukan hanya bisa melindungi pernafasan dari debu namun juga melindungi kulit dari sinar UV, terutama saat Anda seorang biker. Jenis masker ini ada yang menggunakan jahitan dan ada pula yang tanpa jahitan.

2. Kain katun

Bahan Pembuatan Masker

Katun merupakan kain yang banyak digunakan dalam membuat masker. Serat-serat kecil pada kain katun membuatnya mampu memblokir debu maupun partikel kecil lainnya diudara. Dengan memakai bahan ini, Anda tetap akan mudah saat bernafas. Agar lebih aman dalam menangkal debu dan kuman, maka sebaiknya memakai kain dalam dua lapis.

3. Kain nilon

bahan kain nilon

Jenis kain yang satu ini mampu menyaring partikel besar hingga kecil di udara agar tidak ikut masuk ke saluran pernafasan. Jika memiliki kain nilon, maka Anda bisa membuatnya menjadi masker sendiri. Kain ini juga bisa digunakan sebagai lapisan dalam pembuatan masker kain lainnya.

4. Kain scuba

bahan masker scuba

Kain scuba merupakan jenis kain yang relatif tebal, jatuh dan memiliki serat kain yang lembut. Saat memakainya sebagai masker, maka kain ini tidak panas dengan daya tahan terhadap air yang baik. Bahannya elastik dan membuanya nyaman digunakan hingga bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah. Ada beragam warna dan kombinasi yang bisa diciptakan dengan baik scuba. Bahan ini juga bisa digunakan sebagai masker sekolah maupun masker seragaman lainnya.

5. Filter high efficiency particle absorber (HEPA)

bahan masker

HEPA dikenal sebagai penyerap partikel dengan efisiensi yang cukup tinggi. Salah satu bahan pembuatan masker ini memiliki filter yang efektif menyaring debu dan partikel di udara. Bagian ini seperti halnya kantong yang terdapat pada penyedot debu, dan lapisan sarung bantal.

6. Bahan masker bedah

masker bedah

Dalam membuat masker ini, ada yang membutuhkan 2 ply dan ada yang 3 ply. Sering kali, masker ini digunakan oleh tenaga medis saat bertugas. Pembuatannya membutuhkan 3 lapisan dimana lapisan pertama merupakan antiair. Lapisan tengah adalah filter kuman. Sedangkan lapisan dalam merupakan lapisan penyerap cairan yang keluar dari mulut.

Penggunaan masker bedah ini tidak bisa digunakan untuk melindungi Anda dari partikel airbone. Untuk efektivitasnya sendiri bisa memfiltrasi 30 hingga 95 persen partiukel.

7. Filter masker N95

filter n95

Filter masker ini bisa Anda beli refillnya. Bagi pekerja industri yang sehari-hari bekerja di area yang terkena partikel berbahaya, maka dianjurkan memakai masker ini. Kode filter tersebut menunjukkan bahwa masker ini mampu menyaring partikel dengan efisiensi sama dengan atau lebih besar dari 95%. Masker dengan filter N95 ini memiliki proteksi yang sangat baik untuk droplet.

8. Spundbond polypropilene

spundbond masker

Bahan ini merupakan material non-woven yang juga digunakan sebagai bahan pembuatan APD. Kain ini memiliki kemampuan dalam menyaring udara dengan sangat baik. Kain inipun juga merupakan material yang anti bakteri dan ramah lingkungan serta tahan akan kelembaban.

9. Meltbond Nonwoven

bahan masker

Bahan ini digunakan pula dalam pembuatan masker wajah dengan filter yang cukup baik. Kelebihan kain ini adalah memiliki serat yang halus dan filtrasi halus.

10. Paper towel

bahan pembuatan masker

Bahan ini merupakan bahan sejenis tisu namun ukurannya besar. Penggunaannya bisa sebagai masker namun tidak bisa digunakan secara berulang dan dibuang setelah digunakan.

11. Sutra

kain sutra untuk masker

Sutra merupakan kain yang dibuat dari serat protein alami yang kemudian ditenun menjadi kain. Bahan ini berasal dari kepompong yang dihasilkan oleh lava ulat sutra murbei. Tekstur kain ini sangat lembut dan tidak licin.

Kain sutra yang boleh digunakan dalam pembuatan masker hanya yang terbuat dari ulat dan bisa menangkal masuknya partikel debu dan kuman di udara ke mulut maupun saluran pernafasan.

12. Linen

linen untuk filter masker

Kain ini terbuat dari serat tumbuhan linen yang biasa digunakan dalam pembuatan baju maupun campuran katun. Tekstur kain linen cukup lembut dan sering digunakan dalam pembuatan masker.

Masker dari bahan linen bisa dipakai berulang kali setelah dicuci dan efektif melindungi pernafasan dari virus maupun partikel debu.

13. Sarung bantal antimikroba

bahan untuk masker

Banyak yang berinisiatif membuat masker sendiri dirumah. Pilihan bahan sarung bantal antimikroba bisa menjadi pilihan material pembuatan masker. Kain yang satu ini bisa menyaring bakteri dengan baik. Bahannya pun nyaman untuk kulit Anda.

14. Serat polimer sintetis

serat polimer untuk masker

Serat yang sangat tipis ini mampu membantu menahan masuknya partikel berbabahaya di delam mulut maupun hidung. Penggunaanya bisa disematkan pada masker N95 atau kain meltblown. Adanya serat tipis tersebut membentuk lapisan filtrasi bagian dalam yang efektif. Selain itu, bahan ini juga memungkinkan pemakainya untuk bisa bernafas dengan nyaman.

15. Bahan fibre untuk masker

bahan fiber untuk masker

Bahan fibre ini banyak dijumpai pengunaannya dalam pembuatan masker dengan kategori disposable. Pemakaian masker jenis ini sering diaplikasikan saat berkendara hingga industri. Bahan fibre ada pula yang dibuat dari karbon aktif yang memungkinkan untuk menyaring udara lebih baik.

Perlu diingat bahwa masker ini hanya sekali pakai, artinya, setelah selesai digunakan harus dibuang dan tidak bisa digunakan kembali karena kemampuan menyaringnya sudah berkurang.

16. Bahan masker kertas

masker kertas

Bahan yang satu ini bisa pula digunakan dalam pembuatan masker dimana kemampuan menyaring udaranya cukup baik. Bahan ini bisa dijumpai pada jenis masker N95 dan N100. Kode angka yang disematkan pada masker ini sesuai dengan kemampuan filtrasi udara yang dimiliki.

Pengunaan masker dengan bahan ini ditujukan untuk tenaga medis, pada saat kebakaran hutan, hujan abu vulkanik guna melindungi pernafasan manusia. Selain itu, untuk pencegahan dari penularan virus maupun kuman, masker bahan ini pun juga sangat efektif meskipun harganya lebih mahal dibandingkan masker kain pada umumnya.

Ada banyak bahan pembuatan masker. Masing-masing bahan tersebut memiliki efektivitas berbeda dalam melindungi saluran pernafasan manusia. Harganya pun berbeda-beda dan tidak semuanya bisa dengan mudah Anda temui.

Salah satu tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih masker adalah pertimbangkan kenyamanan, khususnya bagi anak-anak. Masker yang kurang tepat bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Selanjutnya, pastikan Anda bisa menjangkau harga masker tersebut dan tidak semua masker bisa digunakan berulang kali.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan berbagai jenis masker, seperti halnya masker sekolah maka bisa menghubungi kami. Layanan kami membantu Anda untuk memproduksi masker scuba dalam jumlah yang Anda butuhkan dalam pilihan warna yang beragam. Anda bisa berkonsultasi pada kami tentang jumlah pesanan maupun warna yang diinginkan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *