Wawasan Umum

Berbagai Bentuk dan Jenis Masker Sebagai Alat Perlindungan Diri

jenis masker

Jenis masker yang direkomendasikan oleh WHO tentu menjadi pilihan Anda untuk menemani aktivitas sehari-hari. Masker ini pun menjadi salah satu yang wajib dikenakan setelah adanya pandemi covid19 yang mulai muncul pada penghujung 2019 lalu. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa menginfeksi paru dan bisa berakibat kematian.

Karena itulah, penggunaan masker diwajibkan terutama ketika akan beraktivitas di luar rumah. Agar lebih aman dan terlindungi, Anda harus tahu masker apa saja yang bisa Anda gunakan dan umumnya dipilih masyarakat.

1. Buff Masker

jenis masker

Masker ini merupakan salah satu yang umum digunakan masyarakat Indonesia. bahan pembuatannya ada yang dari katun maupun kain sintetis. Ciri khas dari masker ini adalah desain masker yang dibuat memanjang sehingga bisa menutupi wajah sekaligus leher. Pemakaiannya tinggal dimasukkan lewat kepala dan bisa Anda sesuaikan dengan kenyamanan Anda.

2. Masker Kain

model masker

Masker kain dinilai murah dan juga bisa digunakan berkali-kali setelah mencucinya dengan bersih. Masker ini dibuat dari berbagai jenis kain, tergantung pada pemilihan dari produsen. Meskipun penggunaannya tidak seefektif masker kesehatan, namun masker ini pun banyak dipilih karena mudah ditemukan.

3. Masker Scuba

Masker ini banyak menjadi pilihan masyarakat. Selain mudah ditemui, ada pula banyak motif dan warna yang bisa disesuaikan dengan busana Anda. Namun dibandingkan dengan masker kain, bahan scuba dianggap tidak mampu menyerap keringan dengan lebih baik.

4. Maker Bedah 2 Ply ( Surgical Mask 2 Ply)

masker bedah

Masker bedah ini memiliki dua lapisan yang membantu mencegah penyebaran penyakit karena virus corona. Masker bedah lebih efektif untuk mencegah penularan bakteri, kuman maupun virus. Namun masker ini dianjurkan sekali pakai saja dan harus dibuang setelah digunakan.

5. Masker Bedah 3 Ply (Surgical Mask 3 Ply)

masker bedah 3 ply

Masker ini dibuat dengan tiga lapisan. Ada dua lapisan di bagian luar dan satu lapisan di tengah yang fungsinya sebagai filter. Bagi orang yang sehat maupun sakit, masker ini sangat efektif dalam mencegah penularan virus. Masker ini pun juga dinilai sangat nyaman karena tidak terlalu ketat saat digunakan dan bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah.

6. Masker N95jenis masker n95

Masker N95 merupakan salah satu masker yang banyak digunakan saat pandemi corona mulai merebak. Meskipun harganya cukup mahal, namun masker ini cukup efektif melindungi Anda dan keluarga.

Saat akan memakainya, pastikan ukurannya sudah pas dihidung dan mulut Anda. Jika tidak pas maka tidak akan efektif melindungi diri Anda dari virus maupun polusi. Masker ini tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari karena akan terasa gerah dan tidak nyaman dalam jangka waktu yang lama.

7. Masker N99

n99

Masker ini termasuk salah satu yang efektif melindungi Anda dari infeksi virus maupun polusi. Pasalnya, masker N99 memiliki enam lapisan dan dua katub udara pada sisi kiri dan kanannya. Namun, masker ini hanya digunakan sekali pakai saja dan efektif untuk 3 hingga 4 jam pemakaian. Sesuai namanya, masker N99 mampu menyaring polutan hingga 99%.

Karakter bahan ini cenderung kaku sehingga bisa membuat Anda tidak nyaman saat memakainya untuk kegiatan sehari-hari. Masker ini juga tidak bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah Anda.

8. Masker N100

n100

Efektivitas masker N100 lebih baik dibanding N99. Pasalnya, N100 bisa menahan partikel PM2.5 hingga 99,97%. Namun, masker ini memiliki harga mahal sesuai dengan kualitas yang diberikan. Kelemahan lain masker ini adalah cenderung tidak tahan terhadap polutan minyak.

9. Masker R95

r95 masker

Masker ini memiliki kelebihan tersendiri berupa kemampuannya untuk menahan polutan jenis minyak. Hal ini sesuai dengan nama kode  masker ini, yaitu ada huruf R yang berarti Resistant oil. Kode dibelakang huruf R, yaitu angka mengindikasikan keefektivan dari masker ini dimana mampu menyaring zat polutan aerosol minyak hingga 95%.

Perlu Anda catat bahwa masker ini tidak dirancang untuk anak-anak. Pemakaiannya pun tidak boleh melebihi batas karena akan beresiko menimbulkan cedera pemakainya.

10. Masker R99

r99 masker

Masker ini juga merupakan masker yang mampu menyaring polutan minyak. Hanya saja, perbedaannya terdapat pada efektivitas masker yang mampu menyerap zat polutan aerosol minyak hingga 99%. Masker ini pun digunakan untuk lokasi tertentu seperti halnya di area kabut asap pembakaran batu bara maupun lokasi lainnya.

11. Masker R100

r100 jenis masker

Seperti masker R99 dan R95, masker ini banyak digunakan pada kondisi tertentu. Keunggulannya adalah mampu menyaring polutan lebih baik dan hampir sempurna yaitu 99,97%. Jenis masker ini hanya efektif digunakan untuk durasi waktu 8 jam saja.

12. Masker P95

p95

Jenis masker ini pun bisa digunakan untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari virus dan polusi. Penggunaan kode P berarti Oil Proof. Artinya, masker ini memiliki ketahanan yang baik terhadap zat polutan yang memiliki kandungan minyak. Kelebihan lainnya adalah mampu menghalau partikel kecil. Angka 95 bearti masker ini memiliki kemampuan menyaring 95 persen partikel di udara.

13. Masker P99

jenis p99 masker

Masker P99 memiliki kemampuan melindungi diri Anda dengan lebih baik dari paparan kuman, virus dan polusi udara yang mengandung minyak sekalipun. Apalagi, kemampuan menyaring udara bisa mencapai 99 persen.

14. Masker P100

masker p100

Angka 100 pada masker ini membuatnya lebih banyak diunggulkan dengan kemampuan menyaring udara yaitu 99,97 persen. Berbagai jenis partikel di udara dengan intensitas tinggi pun mampu di filter. Hal ini membuat harga masker P100 banyak diminati meskipun harganya lebih mahal di banding beberapa jenis masker lain.

15. Masker Gas (Reusable Facepiece Respirator)

jenis masker gas

Penggunaan masker ini sering kali ditujukan untuk melindungi diri dari gas dan uap berbahaya. Akan tetapi, Anda bisa juga memakainya untuk mecegah penyebaran virus seperti halnya covid19. Kelebihan lain dari masker ini adalah sudah dilengkapi dengan filter untuk bahan kimia tertentu.

Penggunaannya jarang Anda temui untuk kegiatan sehari-hari. Pasalnya, masker ini khusus digunakan saat kebakaran. Di sisi lain, masker gas juga memiliki kelemahan tersendiri berupa tidak mampu menyaring udara jika tidak dilengkapi dengan filter.

Berbagai jenis masker di atas bisa menjadi referensi Anda untuk melindungi diri dan keluarga dari paparan virus berbahaya. Sebagai tips, pilihlah masker sesuai kebutuhan dan kondisi. Pastikan masker bukan hanya aman saja namun juga nyaman digunakan. Pastikan pula pemakaiannya sudah sesuai dengan kondisi, bentuk wajah, usia dan juga kebutuhan.

Jika  Anda ingin memesan masker untuk berbgaai kegiatan, seperti halnya masker sekolah dalam jumlah banyak dan berkualitas maka bisa menghubungi kami. Anda bisa pula memesan custom masker scuba berbagai desain, warna dan logo yang Anda inginkan. Kami memproduksi masker scuba untuk berbagai komunitas, instansi hingga event seminar. Layanan kami profesional, berkualitas dan tepat waktu.

Related Posts

2 thoughts on “Berbagai Bentuk dan Jenis Masker Sebagai Alat Perlindungan Diri

  1. Win Aryo berkata:

    Buat di Jual lagi, Karena tidak ada pekerjaan..

    Satu lusin masker scuba berapa duit Bos..

    1. maskersekolah berkata:

      Silahkan hubungi kontak admin dengan klik chat via whatsapp… ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *